Pages

Wednesday, May 18, 2011

Dari Tiga Gula Jawa

#Mengapa blog ini dibuat?
Ehem…Karena kami ingin mengemukakan bermacam-macam pendapat tentang globalisasi. Ya globalisasi kan terus berkembang hingga saat ini. Jadi boleh juga dong kami ikut berkembang dengan menulis saran, kritik, dan cerita tentang globalisasi.

#Eh, tadi ada kata ‘kami’ ya? Memangnya blog ini pendirinya ada berapa orang?
Ada tiga orang. Yunisa Zahrah, Fildzah Izzazi Achmadi, dan Putri Early Anggari. Makanya nama blog ini tigagulajawa.blogspot.com

#Mengapa harus tigagulajawa.blogspot.com?
Awalnya sih namanya tigakartini.blogspot.com karena kami ada bertiga dan kami perempuan. Tapi kami kan berasal dari Jogja dan Kartini bukan berasal dari Jogja. Lalu kami berpikir untuk menamai blog ini b-three.blogspot.com. ‘B’ sendiri berari bilingual, karena postingan blog ini aka nada yang menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Dan ‘three’ berarti tiga, jumlah kami.

#Nah, terus mengapa kok namanya bisa jadi tigagulajawa.blogspot.com?
Logo Tiga Gula Jawa
Angka tiga menunjukan pendiri blog yang berjumlah tiga orang. ‘Gula Jawa’ jika disingkat menjadi GLJW yang bisa dipanjangkan dengan istilah lain, yaitu GLobalisasi dan Jalan Waktu. Di zaman seperti ini, istilahnya kita adalah penumpang yang akan menaiki Bus Globalisasi untuk terus menelusuri perjalanan hidup di jalan waktu. Baik tidaknya efek yang didapat, tergantung kita pilih bus yang mana. Yang VIP, kelas 1, kelas 2, dan seterusnya?

Semua kelas yang dipilih mempunyai konsekuensi masing-masing dan bisa mempengaruhi kita. Saat kita masuk ke kelas VIP, bayarnya pasti lebih mahal dan itu berarti kita harus punya cukup uang. ‘Banyak uang’ adalah salah satu fenomena yang membuat kita berpeluang untuk merasa sombong. Logikanya, misalnya kita memakai blackberry, itu berarti kita bisa memakai semua fasilitas lengkap yang tersedia. Dengan adanya fasilitas ini, kita diberi peluang untuk merasa ketagihan.

Gula jawa. Dalam arti yang sebenarnya pun sekarang di era globalisasi seperti ini gula jawa bukan merupakan barang keren. Gula impor lebih sering digunakan. Bukan berarti kami ingin menolak terjadinya perubahan dan perkembangan teknologi. Bukannya kami hanya ingin berdiri di satu tempat, hanya memakai gula jawa, dan tidak peduli dengan gula hasil bioteknologi. Tetapi di saat kita terus melangkah maju, jangan lupakan juga sejarah dan sesuatu yang tradisional karena segala yang etnik adalah awal dari kita dan awal dari globalisasi.

#Maksudnya kita tidak boleh lupa itu bagaimana sih?
Begini, sekarang kan banyak baju-baju bagus dari St.Yves, tas dari D&G, sepatu Gucci, dan lain-lain. Tapi jangan lupa untuk mengenakan batik juga, symbol yang menjadi ciri khas Negara kita. Karena membuat sebuah kebudayaan itu sangat sulit. Sudah sepantasnya kita ikut melestarikan dan tidak mengurusi barang impor melulu. Ingat, Malaysia saja ingin sekali lho memiliki budaya kita. Masak kita yang terlahir di wilayah di mana kebudayaan itu lahir justru tidak bangga?

#Jadi, pada dasarnya kalian setuju tidak dengan globalisasi?
Kami sudah mengatakan bahwa kami tidak menyalahkan lahirnya globalisasi tetapi juga tidak terlalu mendukung globalisasi. Kami netral. Karena jika kami menolak adanya globalisasi, itu berarti kami menolak internet dan berdirinya blog ini. Kami akan menolak adanya e-learning, digital library, dan lain-lain. Kalau begitu, tentu kami akan jadi orang dungu yang tidak tahu apa-apa. Karena jika dilihat dari sudut pandang yang baik, globalisasi itu menguntungkan. Tetapi jika kami terlalu berpihak pada globalisasi, kami akan kesulitan juga. Karena globalisasi mempermudah segalanya. Dan bisa jadi kita akan semakin malas dan justru malah ketagihan melakukan sesuatu yang tidak penting. Misalnya, kita jadi malas mengerjakan tugas karena sudah berpikir untuk menyadur saja dari internet. Kita menjadi ketagihan untuk chatting sepanjang hari dan akan membuat pengeluaran membengkak.

#Baik. Terima kasih.
Terima kasih kembali J

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © Gula Jawa. All Rights Reserved.
Blogger Template designed by Simple Blogger Tutorials. Distributed by Blogger Templates